Sabtu, 18 September 2010

ANCAMAN VIRUS FACEBOOK DIDEPAN MATA



Apapun aplikasi yang popular didunia ini pasti menarik perhatian orang. Baik yang tujuannya baik ataupun buruk. Mengapa virus banyak bermunculan menyerang pengguna computer pada OS Windows ? dan mengapa hanya sedikit virus mengancam system linux ? hal ini dikarenakan pengguna windows lebih banyak dibandingkan linux, artinya windows lebih popular sehingga membuat orang-orang jahil mencoba mengganggu system tersebut.

Demikian pula dengan facebook, situs jejaring sosila ini kian hari makin bertambah banyak peminatnya. Sudah hamper 300 juta pengguna internet diseluruh dunia memiliki akun FB. Maka wajar bila tak sedikit juga orang iseng memanfaatkan kepintarannya untuk mencari untung ataas kelemahan orang lain, dalam hal ini memanfaatkan virus, worm dan sebagainya untuk menyerang pengguna akun FB.

Belakangan ini virus-virus yang memanfaatkan kepopuleran FB mulai bermunculan. Sebut saja Koobface yang walaupun penyebarannya tidak terlalu tinggi sudah menjadikan indikaasi bahwa FB mulai diperhitungkan para criminal internet untuk dijadikan ssarana mencapai tujuannya.

Dimasa depan, aplikasi-aplikasi jahat yang mengeksploitasi FB makin marak bermunculan. Karena itu bila anda pengguna FB ada baiknya lebih berhati-hati lagi. Saat ini sedang marak beredar Trojan yang disebarkan memanfaatkan rekayasa social seakan-akan dating dari administrator FB dan bila diaktifkan ia akan mendownload antivirus palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah scareware.

Banyaknya pengguna FB yang dijadikan celah bagi para pembuat virus menyebarkan virusnya dengan memanfaatkan rekayasa social. Bila tridak waspada virus ini dapat menyebar di jagad maya lewat komunitas FB dengan cepat seperti contoh virus yang sedang menyebar saat ini yang disebut W32/Obfuscate.D2!gen.

0 komentar: