Jumat, 24 September 2010

Dell Inspiron 1464


Menyambut kehadiran prosesor Intel generasi Arrandale (Core i3/i5/i7), Dell pun merilis serangkaian notebook terbaru. Salah satunya adalah Inspiron 1464 ini, notebook 14 inci yang menyasar segmen rumahan dan dibandrol dengan harga relatif terjangkau.
Sadar kalau penampilan kini menjadi pertimbangan utama, Dell merancang Inspiron 1464 dengan desain yang keren. Unit yang kami terima memang berwarna hitam yang konvensional, namun Dell juga menyediakan variasi lain dengan warna “gaul” seperti biru, merah, dan merah muda. Materialnya menggunakan bahan plastik glossy yang mewah,  namun tidak mudah terkontaminasi sidik jari seperti notebook lain.
Keyboard-nya sendiri unik karena memiliki area yang mengecil di sisi atas. Ketika kami coba, desain tersebut membuat tiap tombol terasa memiliki jarak yang lebar sehingga meminimalisir salah pencet. Alhasil, kami berhasil membiasakan diri dengan keyboard tersebut dalam waktu singkat.
Speakernya sendiri sangat nyaring. Cukup dengan 25% dari kekuatan normal, suaranya sudah memenuhi rungan kantor kami. Kelebihan tersebut sepertinya buah dari dukungan standar SRS Premium Sound di notebook ini. Hal itu pun tercermin dari kualitas suaranya yang terdengar jernih, membuat suara Paloma Faith mendendangkan lagu Romance is Dead terasa ketajamannya.
Namun proses menikmati musik atau video favorit berpotensi terganggu dengan sistem pendingin notebook ini. Pasalnya, ketika kami memberi notebook ini beban penuh, dalam kisaran dua menit kipas langsung bekerja dengan putaran penuh yang suaranya terdengar jelas. Kerja keras kipas tersebut pun tetap tidak mampu membuang panas dengan sempurna. Dalam waktu sekitar 30 menit, panas di area sandaran tangan mencapai 36oC yang artinya terasa cukup menyengat.
Dell Inspiron 1464 ini sendiri memiliki beberapa variasi. Unit yang kami coba menggunakan prosesor Core i5 M540 (2,53GHz) yang dipadukan dengan memori 3GB dan kartu grafis onboard Intel HD. Dengan kombinasi tersebut, notebook ini dapat diandalkan untuk aplikasi yang mengandalkan prosesor, namun tidak tampil istimewa untuk gaming (lihat tabel). Namun jika mau, Anda bisa mendapatkan versi Inspiron 1464 yang menggunakan kartu grafis ATI Radeon HD4330.
Dari sisi fasilitas, notebook ini tampil standar. Untuk koneksi kabel, Anda dapat menggunakan HDMI, Ethernet, serta USB. Sedangkan untuk koneksi nirkabel, hanya tersedia WiFi tanpa fasilitas Bluetooth. Di luar itu, tersedia DVD Writer, slot memori untuk 5 tipe kartu, serta webcam.
Yang menarik, Dell memanfaatkan webcam tersebut sebagai fasilitas login atau masuk Windows 7. Dinamakan Fast Access, feature ini secara otomatis akan mendeteksi wajah Anda ketika pertama kali login. Data wajah Anda itu kemudian akan disimpan dan dijadikan bahan acuan proses login selanjutnya. Jadi ketika esok hari login lagi, Anda cuma perlu proses login berlangsung otomatis tanpa Anda harus repot memasukkan password lagi. 
 Artikel diambil dari infokomputer.com

0 komentar: